Jumat, 10 April 2009

Latar Belakang JRKY

Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY) di deklarasikan pada hari Senin, 6 Mei 2002 di Gedung DPRD DIY.
Berdirinya JRKY berangkat dari solidaritas, keprihatinan dan itikad menaungi bersama persoalan yang dialami oleh radio komunitas serta untuk menyikapi pertumbuhan radio komunitas di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam membangun kekuatan untuk memperjuangkan berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi keberadaan radio komunitas.
Radio komunitas merupakan media dari, oleh dan untuk komunitas yang sangat dibutuhkan, diakui dan didukung keberadaannya oleh komunitasnya. Keberadaan, posisi, fungsi dan potensi radio komunitas yang sangat strategis bagi komunitas lokal dan bagi pelaku lain di berbagai bidang ternyata tidak sejalan dengan kebijakan Negara dan peraturan yang ada.

Selama ini radio komunitas telah menjadi bagian penting dalam sejarah penyiaran di Indonesia. Bahkan, semangat radio komunitas menjadi cikal bakal berdirinya radio pertama di Indonesia lewat pembentukan Bataviasche Radio Vereniging tahun 1925. Meski demikian, sepanjang sejarah, radio komunitas tidak pernah mendapat posisi yang semestinya.

Meski kehadiran radio komunitas sangat dibutuhkan, namun pengakuan, apresiasi atas kontribusinya sebagai media pemberdayaan masyarakat sipil masih sangat rendah. Dalam realitasnya, jika dirunut dalam sejarah penyiaran, radio komunitas selalu terpinggirkan dibandingkan dengan radio publik dan dan radio komersial.

Tantangan masa depan JRKY menuntut untuk segera dibentuknya sebuah organisasi yang baik. Oleh karena itu, anggota JRKY mengharapkan diadakannya sebuah event yang salah satu out putnya adalah pembentukan organisasi tersebut. Atas pertimbangan ini, JRKY memutuskan untuk menyelenggarakan Musyawarah Anggota. Musyawarah Anggota merupakan salah satu bentuk kegiatan berkumpulnya radio komunitas untuk berkomunikasi, bermusyawarah dalam mufakat guna mempererat tali persaudaraan antar radio komunitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu juga merupakan wujud kinerja serta kontinuitas keberadaan JRKY sebagai wadah untuk menampung aspirasi, keluhan, melindungi dan membantu radio komunitas yang ada di DIY dalam mengatasi permasalahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar